Roti Ubi Ungu Isi Abon Sapi

11 November 2014




Nah ini adalah roti yang menurutku sangat memuaskan dan layak di coba, sekali coba langsung jadi..dan  rasanya itu sungguh luar biasa dengan ubi ungu yang kaya kandungan serat dan vitamin. Resep aslinya aku dapat dari Mbak Endang   berikut ini resepnya ( aku buat setengah dari resep aslinya ) dan dimodifikasi sedikit..selamat mencoba :)


Bahan kering :
  1. 225 terigu cakra kembar
  2. 75 gr gula pasir ( resep asli pakai 100 gr)
  3. 1 sachet fermipan ( 11 gr )
  4. 50 gr susu bubuk ( saya tidak pakai )
  5. 4 gr bread improver ( saya tidak pakai )
  6. 1/2 sdt vanili ( resep asli tidak pakai )

Bahan basah :
  1. 200 gr ubi ungu kukus/ haluskan dengan garpu
  2. 40 gr margarin ( suhu ruang )
  3. 1/2 sdt garam halus
  4. 1 butir telur uk.sedang
  5. 3 sdm air hangat 
Bahan isi : abon sapi siap pakai 75 gr
Bahan taburan : 1 sdm wijen hitam


Cara membuat :
  1. Bahan kering : ayak terigu dan campur dengan fermipan dan gula pasir. Aduk hingga rata dengan spatula.
  2. Bahan basah : kocok telur, campurkan ke dalam ubi uleni ( dengan tangan hingga kalis) masukkan garam dan margarin. Uleni hingga adonan lembut dan kalis.
  3. Resep asli : Tuang bahan kering ke dalam adonan basah sedikit demi sedikit, uleni. Adonan harus lembut ,elastis dan kenyal dan tidak menempel di mangkok.Saya: saya menuang adonan basah ke kering ( karena mangkok adonan basah saya terlalu kecil ) dan saya tambahkan 3 sdm air hangat karena adonan saya tll keras. Diuleni hingga adonan lembut, kenyal dan elastis serta tidak menempel pada mangkok. Bentuklah bulat.
  4. Dalam mangkok yg sama, angkat  sebentar adonan dan olesi mangkok dengan minyak goreng, taruh adonan tutup dengan kain bersih ( saya pakai kain kering ) diamkan sampai 1 jam hingga mengembang 2x lipat. 
  5. Kempiskan adonan, dan uleni diatas permukaan tatakan yg rata yg telah ditaburi sedikit terigu selama 5 menit. Bentuk lonjong dan bagi adonan menjadi 10 buah. Isi tiap adonan dengan 1 sdm abon dan bentuk bulat.
  6. Tata adonan didalam loyang brownies, beri sedikit jarak. Dengan tangan basahi  bagian atas roti dengan air lalu taburi dengan wijen.  Istirahatkan sampai mengembang 2x lipat. Saya mengistirahatkan roti sembari memanasi oven dalam suhu 200°C selama 10 menit
  7. Panggang adonan selama 20 menit sampai atasnya kecoklatan. Saya memanggang 25 menit dalam posisi rak di tengah oven. Dinginkan dan roti siap disantap.








   











0 komentar:

Posting Komentar

Christina's Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino