Cake Ketan Hitam

24 Maret 2014




Cake Ketan ini membuat penasaran. Baru babak yang ketiga aku berhasil membuatnya. Babak pertama moist tapi kok agak bantet seperti brownies tapi tetep enak. Babak yang kedua coba pakai resep lain yang rekomendasinya apik tapi hasilnya malah lebih tidak memuaskan dan cake cenderung kering jadilah dihibahkan ke cleaner dikantor suami, habis sebel kalo masak hasilnya tidak memuaskan, padahal udah mengharapkan hasil yang lebih baik dari yang kemaren. Selidik punya selidik ternyata that's all my fault :( Karena aku pakai tepung ketan hitamnya kurang halus waktu mengayaknya. Aku beli beras ketam hitam dan aku buat tepung sendiri..kupikir lebih murah (meskipun agak repot dikit) dan aku lihat di pasar beberapa jenis tepung ketan hitam warnanya kok agak putih. Mungkin ada campurannya barangkali. Jadi untuk hasil yg memuaskan aku buat tepung sendiri, tapi ayakanku terlalu besar lobangnya. Jadilah aku membeli ayakkan yang lebih kecil..dan hasilnya sungguh membuatku bahagia :) 



Bahan :
  1. 150 gr tepung ketan hitam
  2. 50 gr terigu
  3. 150 gr gula kastor/ setengah halus
  4. 6 telur ayam
  5. 1 sdt baking powder
  6. 200 gr margarin, cairkan 

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven 170 °c sebelum membuat adonan
  2. Cairkan margarin,sisihkan
  3. Ayak semua bahan kering, sisihkan
  4. Dalam wadah lain, mixer telur sampai rata..masukkan gula bertahap mixer dengan kecepatan 2
  5. Setelah gula dan telur tercampur naikkan kecepatan dengan speed 3 sampai putih dan mengental kurang lebih 15 menit.matikan segera mixer
  6. Masukkan tepung perlahan lahan kedalam adonan sambil diaduk dengan spatula
  7. Terakir masukkan margarin cair yang sudah dingin, aduk rata
  8. Tuang dalam lotang tulban ukuran 20 cm
  9. Panggang selama 35-40 menit
  10. Jangan lupa cek dengan lidi di menit ke 35. Bila adoanan sudah tidak menenpel di lidi tanda cake sudah matang



Bagian belakang kue..setelah dibalik. Sempurna :)

0 komentar:

Posting Komentar

Christina's Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino