Mangut Cuek

06 September 2009

Resep ini adalah resep Mangut dari Om Man. Mulanya Mangut ini menggunakan ikan asap, biasanya adalah ikan pari asap, tapi bisa juga lele asap. Tapi karena di kebetulan saya belum menemukan ikan asap yang seger di pasaran sekitar tempat tinggal saya maka saya ganti saja dengan ikan cuek goreng. Dan resep ini biasanya cenderung pedas, namun untuk kali ini saya menggunakan cabai yang besar dan membuang bijinya sehingga tidak terlalu pedas. Bila ada adalah pengemar masakan super hot, silahkan menambahan cabai rawit ke dalamnya, di jamin Mak Nyosssss.......!!!!!!!!!!!!!!!!
Bahan :
  • 3 Ekor Cuek kembung, bersihkan, goreng sampai matang
  • 500 ml santan sedang
  • 5 buah tahu kulit 5 butir mata petai
  • 10 buah cabai merah keriting iris-iris
  • 10 buah cabai hijau besar iris-iris
  • 1 lbr daun salam 2 lbr daun jeruk Lengkuas, gula jawa, penyedap dan garam secukupnya
  • Bumbu Halus : 1,5 sdt ketumbar, 1 sdt jintan, 3 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, setengah ruas jari kencur

Cara Membuat :

  • Tumis bumbu halus, masukkan santan dan tahu. Biarkan mendidih, masukkan bahan dan bumbu yang lain. Setelah mendidih baru masukkan ikannya.

Tips :

  • Masakan ini lebih enak bila masaknya sore dan baru di makan di pagi harinya. Karena aroma ikan lebih menyebar, dan bumbu meresap ke dalam tahu.
  • Bila memakai ikan asap pada saat anda membeli pastikan memilih ikan yang keset (tidak berlendir permukannya) dan saat di cium baunya segar. Pernah suatu ketika saat membeli ikan ini, saat saya cium, saya jadi pusing berat mendadak dan mual-mual seperti orang keracunan...karena bau ikan yang sangat menyengat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hihi,,, ikan asap kok di cium cium

Posting Komentar

Christina's Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino